You are currently viewing Peninjauan Kurikulum Program Studi Manajemen S-1, S-2 dan S-3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Peninjauan Kurikulum Program Studi Manajemen S-1, S-2 dan S-3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Dalam rangka implementasi Permendikbud no. 53 tahun 2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengadakan acara Peninjauan Kurikulum Program Studi Manajemen S-1, S-2 dan S-3 dengan mengundang Narasumber Dr. Yasintha Soelasih, hadir dalam acara tersebut yaitu Kepala bidang Pengembangan Kurikulum, Dekan dan Wakil Dekan FEB, Ka.Prodi S-1, S-2 dan S-3 manajemen.

Pembahasan dimulai dari Bedah Dokumen Kurikulum, Kurikulum sesuai definisi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. sehingga kurikulum bukan hanya sebaran mata kuliah saja yang dipunyai oleh Program studi.

Bedah Dokumen Kurikulum dimulai dari Visi prodi, Visi prodi harus menyatakan bidang keilmuan, agar bidang keilmuan dapat tercapai dilihat dari beberapa faktor yaitu:

  1. Kesesuaian profil dosennya, apakah profil dosen menunjang bidang keilmuan dari Prodi. profi dosen yaitu bidang keilmuan prodi, sertifikasi yang dipunyai dosen, penelitian dan PKM dosen.
  2. Fasilitas pendukung pembelajaran, apakah terdapat fasilitas untuk menunjang bidang keilmuan prodi
  3. Profil lulusan, apakah profil lulusan telah sesuai dengan bidang keilmuan prodi dan sesuai dengan level KKNI.

# suatu program studi dibuka, karena ada kebutuhan terhadap tenaga kerja atau keahlian dari bidang keilmuan dari prodi tersebut dari Industri, bukan berdasarkan trend pasar #

Leave a Reply