You are currently viewing Pelatihan Mendesain Pembelajaran Berbasis Project

Pelatihan Mendesain Pembelajaran Berbasis Project

Dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran di Universitas Nasional, pada tanggal 20 dan 21 Juni 2023, di ruang seminar selasar lantai 3, Universitas Nasional mengadakan pelatihan Mendesain rencana pembelajaran berbasis project based learning.

Project based learning adalah sebuah metode pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Metode ini menuntut mahasiswa untuk dapat melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.  Tujuan dari project base adalah untuk meningkatkan pemikiran kolektif kelompok, dengan terlibat satu sama lain, mendengarkan, dan membangun ide-ide lain.  Project based,merupakan bagian dari desain thingking.

Pelatihan ini sekaligus mensosialisasikan buku panduan penyelenggaraan project based di lingkungan Universitas Nasional. Tujuan dari pelatihan ini adalah:

  1. Memahami Konsep dasar metode pembelajaran berbasis proyek
  2. Merancang rencana pembelajaran berbasis proyek
  3. Mampu menggunakan berbagai tools kolaborasi
  4. Memfasilitasi kolaborasi dan kerja tim

Pada pelatihan ini, peserta langsung mempraktekan berbagai aplikasi kolaborasi salah satunya adalah menggunakan aplikasi gmeet dan breakout room menggunakan robert hudek. penggunaan aplikasi ini dimaksudkan agar para dosen, nantinya dapat memontoring keaktifan mahasiswa saat diskusi tugas kelompok pada setiap breakout room, saat mahasiswa kuliah online.

setelah pelatihan, para dosen dapat membuat desain pembelajaran lengkap mulai lagi tema tugas, capaian pembelajaran hingga rubrik penilaian. para sangat berantusias dan bersemangt untuk melaksanakan pembelajaran berbasis project pada mata kuliahnya.

 

Leave a Reply