Badan Pengembangan Kurikulum Adakan Rapat Koordinasi Persiapan Perkuliahan bersama Ketua dan Sekretaris Prodi bersama Warek AKA, Kepala BPTSI dan Kepala BAA Universitas Nasional

Jakarta — 11 September 2025
Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) Universitas Nasional menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan Perkuliahan bersama para Ketua dan Sekretaris Program Studi S1, S2, dan S3 pada Kamis, 11 September 2025. Kegiatan ini berlangsung pukul 13.30 WIB hingga selesai di Ruang 707 Blok C Universitas Nasional.

Dihadiri Jajaran Pimpinan Universitas Nasional

Rapat ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Universitas Nasional, yaitu:

  • Dr. Dra. Erna Ermawati Chotim, M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni

  • Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., Kepala Badan Pengembangan Kurikulum (BPK)

  • Ariana Azimah, S.T., M.T.I., Kepala Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (BPTSI)

  • Dr. Dra. Sri Handayani, M.Si., Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA)

Turut hadir pula perwakilan BPK, yaitu:

  • Febria Anita, S.Si., M.Sc., Kepala Bidang Kompetensi Pedagogik Dosen

  • Mira Adita Widianti, S.I.Kom., M.I.Kom., Kepala Bidang Kegiatan Mahasiswa di Luar Kampus

  • Dr. (C) Fitria Hidayanti, S.Si., M.Si., Ketua Unit Penjaminan Mutu

Peserta rapat terdiri dari seluruh Ketua dan Sekretaris Program Studi S1, S2, dan S3 Universitas Nasional. Kehadiran mereka menjadi kunci dalam penyelarasan kebijakan akademik serta penjaminan kesiapan perkuliahan pada semester mendatang.

Sambutan Warek AKA: Sinergi dan Komunikasi Intens untuk Sukseskan Persiapan Perkuliahan

Dalam arahannya, Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Dr. Dra. Erna Ermawati Chotim, M.Si., menegaskan pentingnya semangat kolaboratif antarunit untuk memastikan kelancaran persiapan perkuliahan semester ganjil tahun akademik 2025/2026.

Beliau menyampaikan:

Kita harus bersama-sama bersemangat menyelesaikan portofolio kurikulum dan memastikan seluruh data telah diinput ke dalam aplikasi baru dengan tepat. Kami menyadari masih terdapat beberapa kendala yang ditemui di lapangan, namun hal tersebut harus segera kita atasi bersama.
Dalam pertemuan persiapan semester ganjil 2025/2026 yang telah melibatkan BPK, BPTSI, BPSI, BAA, dan BPM, telah dijelaskan mekanisme kerja yang harus dijalankan. Tahapan selanjutnya adalah implementasi di tingkat program studi. Saat ini terlihat adanya komunikasi yang cukup intens antara unit terkait dan program studi, namun diperlukan pertemuan lanjutan untuk menginventarisasi permasalahan yang dihadapi masing-masing prodi. Beberapa program studi sudah berhasil mengunggah seluruh dokumen yang dipersyaratkan ke dalam aplikasi, sementara sebagian lainnya masih perlu melakukan proses penyetaraan mata kuliah. Selain itu, jika terdapat perubahan jumlah SKS maka harus mengikuti regulasi baru yang telah ditetapkan. Kita berharap seluruh tantangan ini dapat segera terselesaikan agar pelaksanaan perkuliahan pada semester mendatang dapat berjalan lancar, terstandar, dan berkualitas.”
Pernyataan tersebut menegaskan dukungan pimpinan universitas dalam membantu penyelesaian berbagai kendala teknis dan administratif yang dihadapi program studi.

Arahan Teknis dari Kepala BPK

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPK, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., memberikan beberapa poin penting terkait teknis persiapan perkuliahan yang perlu menjadi perhatian seluruh program studi, di antaranya:
  1. Pengecekan dan Penyetaraan Mata Kuliah
    • BAA telah mengeluarkan surat agar setiap Prodi membuat daftar Mata Kuliah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Setelah input mata kuliah dilakukan, Prodi diminta melakukan pengecekan ulang (cross-check) terhadap data yang telah diinput. Setelah itu, proses penyetaraan mata kuliah dilakukan untuk penyusunan jadwal kuliah.
  2. Input Dokumen Kurikulum di Aplikasi SIAKAD
    • Input dokumen kurikulum hanya dapat dilakukan apabila proses pertama telah selesai. Dokumen Kurikulum Revisi dalam bentuk PDF dikirimkan kembali ke BPK.
  3. Input Mata Kuliah untuk Semua Kelas
    • Mata kuliah untuk kelas reguler, karyawan, dan kelas internasional (asing) harus diinput setelah seluruh proses awal selesai.
  4. Input Koordinator Mata Kuliah
    • Setiap mata kuliah harus ditetapkan koordinatornya dan diinput ke dalam sistem.
  5. Input RPS
    • Penginputan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dijadwalkan mulai 22 September 2025.

Menuju Penyelenggaraan Perkuliahan yang Terintegrasi dan Berkualitas

Melalui rapat koordinasi ini, seluruh pihak berkomitmen untuk meningkatkan kolaborasi, memperkuat komunikasi lintas unit, serta memastikan kesiapan seluruh elemen dalam menyambut semester baru.

Rapat ini diharapkan menjadi langkah strategis bagi Universitas Nasional untuk menciptakan penyelenggaraan perkuliahan yang lebih terintegrasi, adaptif, dan berkualitas.

(Penulis: Dr. (C) Fitria Hidayanti, S.Si., M.Si.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *