Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) Universitas Nasional menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Input Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Ganjil Tahun Akademik 2025/2026 pada Selasa, 23 September 2025 pukul 13.30 – 16.00 WIB bertempat di Aula Blok A Lantai 4. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala BPK, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., serta diikuti oleh 48 pimpinan dan dosen dari Fakultas Hukum serta Fakultas Biologi dan Pertanian, Universitas Nasional. Kegiatan ini juga didampingi oleh Kepala Bidang Kegiatan Pembelajaran di Luar Kampus (MBKM), Mira Adita Widianti, S.I.Kom., M.I.Kom., Kepala Bidang Kompetensi Pedagogik Dosen, Febria Anita, S.Si., M.Sc., Ketua Unit Penjaminan Mutu BPK, Dr. (C) Fitria Hidayanti, S.Si., M.Si., Anggota Bidang Kurikulum, Dwi Pharahdilla Rizon, S.Sos., M.I.Kom. dan Staf BPK, Supriyanto, S.Kom.
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman teknis kepada para dosen dalam melakukan pengisian RPS secara daring melalui Portal UNAS pada laman https://portal.unas.ac.id. RPS merupakan dokumen penting yang memuat rencana pembelajaran setiap mata kuliah dan menjadi panduan proses belajar-mengajar pada semester yang berjalan.
Dalam pelatihan tersebut, peserta dibimbing untuk mengisi RPS sesuai alur berikut:
- Login ke Portal UNAS dengan username dan password dosen.
- Akses Menu Akademik, pilih submenu Perkuliahan → Rencana Pembelajaran Semester (RPS).
- Pilih Mata Kuliah yang diampu melalui tombol Browse.
- Pengisian RPS, meliputi:
- Deskripsi Mata Kuliah
- Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
- Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)
- Sub CPMK
- Rencana Pembelajaran
- Rencana Akhir Evaluasi
- Simpan, untuk menyimpan draft sebelum submit final.
Selain itu, pelatihan ini juga mendapat dukungan teknis dari Kepala Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi, Ariana Azimah, S.T., M.T.I. Ariana menegaskan bahwa setiap Mata Kuliah hanya diperbolehkan memiliki satu orang koordinator, baik untuk kelas reguler, karyawan, maupun internasional. Pada Portal Unas sendiri tersedia berbagai aplikasi yang dapat dimanfaatkan oleh dosen.
Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari Kepala Bidang Inovasi dan Layanan Digital, Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi, Devfi Ibrahim Chadafi, S.Kom., M.Kom., dan Kepala Bidang Hardware Badan Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi, Chairul Fajar, S.Kom. M.Kom. yang membantu memastikan kelancaran proses input RPS di sistem portal UNAS.
Melalui kegiatan ini, diharapkan seluruh dosen dapat melakukan input RPS secara tepat, konsisten, dan sesuai dengan standar kurikulum yang berlaku, sehingga mutu proses pembelajaran di Universitas Nasional dapat terus ditingkatkan.
(Penulis: Dr. (C) Fitria Hidayanti, S.Si., M.Si.)